Game platformer selalu menjadi genre yang memikat, dengan dunianya yang luas, penuh rintangan, dan elemen-elemen penuh aksi yang ditawarkannya. Tak hanya developer besar, studio game indie pun telah menunjukkan kebolehannya dalam menyajikan game platformer dengan nilai artistik yang memukau. Visual indah dan keunikan desainnya membuat deretan game ini layak dicoba bagi penggemar game platformer.

Apa yang Membuat Game Platformer Indie Begitu Istimewa?

Game indie (independent) merujuk pada game yang dikembangkan oleh tim kecil atau bahkan individual, tanpa naungan perusahaan besar. Kelebihan game indie terletak pada kebebasan berkreasi yang lebih tinggi. Game indie acapkali mengangkat tema dan menghadirkan visual yang tidak umum dijumpai pada game-game mainstream. Inilah yang membuat game indie platformer seringkali memiliki ‘rasa’ yang unik dan mengesankan.

Siap untuk terpukau? Mari berkenalan dengan 7 game platformer indah dari kalangan indie!

1. GRIS

GRIS lebih dari sekadar sebuah game, melainkan pengalaman artistik yang memikat. Visual cat air dengan warna-warna pastelnya, dunia surealis yang menenangkan, dan musik yang lembut menyatu padu. GRIS adalah game tentang mengatasi kesedihan, dan pemain akan menemukan dunianya yang sunyi terisi kembali oleh warna seiring dengan perkembangan si karakter utama.

2. Celeste

Jangan tertipu oleh grafis piksel yang tampak sederhana. Di balik penampilannya, Celeste menyimpan gameplay yang menantang namun memuaskan. Pemain akan memandu Madeline dalam pendakian gunung, melintasi rintangan dengan teknik platforming yang presisi. Setiap layar menjadi teka-teki pergerakan yang harus Anda pecahkan. Keindahan Celeste terletak pada kepuasan saat berhasil melintasi rintangan yang tadinya terasa mustahil.

3. Ori and The Blind Forest (Serta Sekuelnya)

Ori and the Blind Forest menyajikan dunia yang dilukis dengan tangan sedemikian rupa hingga tampak hidup. Game bergaya metroidvania ini memiliki level desain yang luar biasa, penuh rahasia untuk dijelajahi. Kombinasi musik yang indah dan gameplay penuh aksi menjadikannya salah satu platformer yang wajib dimainkan. Seri ini juga memiliki sekuel, Ori and the Will of the Wisps, yang tak kalah menggiurkan.

See also  Mengapa Esports Harus Diakui sebagai Cabang Olahraga?

4. Hollow Knight

Dunia Hollow Knight yang luas memiliki gaya visual kartun yang menipu. Di balik gambarnya yang lucu, Hollow Knight menyimpan tingkat kesulitan tinggi, bahkan sering dimasukkan ke kategori game soulslike. Eksplorasi, pertarungan menantang, dan kisah yang tersembunyi di balik dunia serangga menjadi daya tarik game ini.

5. Cuphead

Cuphead langsung menarik perhatian dengan keunikan visualnya: animasi kartun klasik ala tahun 1930-an. Namun, di balik animasi yang menawan, terdapat gameplay run and gun yang sungguh brutal. Pemain akan butuh refleks tinggi dan kesabaran luar biasa untuk menaklukkan para bos yang luar biasa sulit dalam game ini.

6. Limbo (dan INSIDE)

Baik Limbo maupun INSIDE merupakan hasil karya studio Playdead. Keduanya menyajikan dunia hitam-putih yang atmosferik, menyelimuti kisah yang samar dengan aura misteri. Berfokus pada puzzle platforming, game-game ini akan menantang pemain untuk memutar otak demi memecahkan rintangan yang menghadang.

7. Badland

Tak seperti game platformer biasa, Badland termasuk kategori endless runner. Visualnya yang nyaris seluruhnya berupa siluet menjadi ciri khas yang membedakannya. Pemain bandarqq mengendalikan sesosok makhluk kecil yang terbang menghindari rintangan di hutan yang atmosferik.

Penutup

Dunia game indie menyimpan begitu banyak permata. Jika menyukai game platformer, deretan game di atas dijamin akan memberi pengalaman unik dan penuh kenangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *